Kelas Belajar Bareng bersasama KKN 58 UTM

Setiap hari, setelah selesai sholat isya berjamaah di masjid Aermata, kami anggota KKN 58 UTM selalu membuka kelas belajar bersama. Tak banyak yang ikut sekitar 10an anak. Semangat mereka untuk bisa belajar sangatlah besar. Sebelum kami pulang dari masjidpun, mereka sudah terlihat ramai bermain di teras basecamp kkn 58 Buduran. Mereka senang bisa kami ajari berhitung menggunakan jari tangan pada matapelajaran Matematika. Anak-anak datang dari kelas yang berbeda-beda , ada yang dari kelas 1 sampai 6. Mata pelajaran yang mereka minta bantuan ke kami untuk mengajari yakni tentang tugas mereka  ada yang belajar matematika, ipa, bahasa madura, pendidikan agama islam.


Agenda Desa



NGAJI MADRASAH



despacito

Kegiatan mengaji di Madrasah Nadwatul Ishaqiyah setiap siang pukul 13:30-16:30 WIB mayoritas siswa nya merupakan anak yang masih bersekolah disekolah dasar, dan merupakan warga asli desa Buduran. Madrasah Nadwatul Ishaqiyah merupakan satu dari beberapa tempat mengaji yang berada di desa Buduran, mengingat banyak nya pondok pesantren yang ada dan beberapa tempat mengaji lainnya. Madrasah diniyah ini, memiliki 5 tingkatan meliputi: kelas 1a, 2, 3, 4, dan yang terakhir kelas 5, akan tetapi madrasah hanya memiliki 3 kelas, jadi ada beberapa kelas yang dijadikan 1. Seperti kelas 1a berada satu kelas dengan kelas 2, kemudian kelas 3 dan 4 juga berada dalam satu kelas yang sama.

Mengaji merupakan kegiatan rutin harian anak-anak desa Buduran setiap siang hari. Disana mereka belajar mengaji dari mengaji Al-qur’an sampai dengan mengaji kitab, hadist, tata cara sholat, wudhu dan lain sebagainya. Di Madrasah tersebut ada beberapa ustadzah yang setiap harinya meluangkan waktu untuk mengajar adek-adek mengaji dengan sabar dan telaten. Akan tetapi pada kesempatan tersebut beliau memberi kan kami wewenang untuk belajar bersama adek-adek yang berada di Madrasah tersebut. 
Untuk sementara waktu kami belajar bersama dan saling bertukar ilmu dengan adek-adek yang berada di Madrasah. Antusias anak-anak, semangat belajar, dan canda tawanya memberi energi positif tersendiri bagi kami. Meskipun sedikit ramai dan maklum, anak-anak, mereka sering kali mencari perhatian dengan berbagai cara, misalnya ramai dikelas, tidak mau menulis, tidak mau maju kedepan saat ditunjuk untuk membaca atau menghafal beberapa ayat-ayat pendek atau hadist-hadist. Namun kami memaklumi sewajarnya anak-anak yang masih perlu dibimbing dan ditegur apabila salah. Pelajaran-pelajaran akhlak juga diberikan di Ngaji madrasah ini. Mereka diajarkan bagaimana bersikap, serta diajarkan agar tidak melawan orang yang lebih tua. Sepertinya hal nya kita yang masih harus terus belajar, anak-anak juga perlu dibimbing agar menjadi pribadi-pribadi yang lebih baik setiap hari nya.




POSYANDU


 Buduran
       Posyandu merupakan agenda rutin bulanan di Desa Buduran. Bertempat di poskesdes dibawah tepi pesarean aermata. Selama kegiataan posyandu berlangsung, ada beberapa kegiatan. Meliputi: memberi vitamin kepada anak, konsultasi kesehatan anak meliputi susu yang baik dikonsumsi oleh anak, alergi-alergi yang biasa nya di idap oleh bayi dan lain sebagainya. Kemudian timbang berat badan bayi dan ibu bayi, serta mengukur tekanan darah ibu bayi.
     Para ibu tidak melewatkan kegiatan ini. Mereka berbondong-bondong membawa bayinya untuk mengikuti kegiatan tersebut. Disini kami diberikan kesempatan untuk berpartisipasi dan terjun langsung memeriksa bayi dan para ibu.


kkn utm
     Masyarakat sekitar sangat terbuka dan antusias menerima keberadaan peserta kkn58 dalam membantu kegiatan tersebut. Banyak dari mereka yang beberapa kali menanyakan mengenai kesehatan untuk bayi nya kepada kami. Akan tetapi berhubung pengetahuan kami terbatas mengenai hal seputar bayi, jadi kami bertanya-tanya banyak hal kepada bidan yang bertugas.


PENGAJIAN MUSLIMAT SE AROSBAYA
          
arosbayabuduran

Setiap hari kamis sore sikitar pukul 13:00 wib , para ibu PKK beserta warga Buduran mengikuti acara kemuslimatan se- kecamatan Arosbaya. Acara ini bergilir tempatnya sesuai kesepakatan kemuslimatannya. Kegiatan kemuslimahan ini merupakan kegiatan rutinan khususnya bagi ibu-ibu se Arosbaya. Berseragamkan hijau berbondong-bondong dalam acara tersebut. Kami peserta kkn 58 UTM pun ikut berpartisipasi mendukung kegiatan tersebut dengan ikut membantu dalam persiapan kegiatan yang kebetulan giliran kegiatan dilaksanakan di Desa Buduran yakni di kediaman Ibu Kepala Desa Buduran. Sehingga kami ikut serta dalam mensukseskan acara tersebut. Warga sekitar sangat terbuka dengan kehadiran kami dan merasa senang kami ikut didalamnya.

TAHLIL RUTIN MALAM SELASA

               Kegiatan rutin senin malam, tahlil bersama warga Buduran di pesarean aermata ebhu. Kegiatan yang diikuti oleh warga sekitar aermata beserta beberapa sesepuh desa Buduran.

     Di foto terlihat ada beberapa sesepuh diantara nya bapak juru kunci pesarean aermata ebhu yang bernama bapak Thomas, beliau merupakan salah satu juru kunci sekaligus sesepuh desa. Berikut nya ada umik su, beliau merupakan salah satu sesepuh dan panutan untuk warga sekitar. Beliau juga merupakan salah satu sesepuh yang ikut serta mengurus serta mengelola pesarean aermata ebhu.




Komentar